Senin, 14 Maret 2011

sejarah Psikologi

SEJARAH DAN DEFINISI PSIKOLOGI
Ditinjau dari segi ilmu bahasa,perkataan Psikologi berasal dari kata psyche yang artinya jiwa dan perkataan logos yang berarti ilmu,karena itu perkataan psikologi sering diartikan atau diterjemahkan dengan ilmu tentang jiwa.
Namun ilmu jiwa itu sendiri banyak ditentang dengan alasan masih kabur sekali sehingga beberapa ahli membuat defini masing masing sesuai dengan arah minat dan alirannya.
Ada beberapa tokoh yang ada dalam perkembangan ilmu psikologi diantaranya adalah :
1.      Thales ( 624-548  SM ) yang dianggap sebagai bapak filsafat,beliau mengartikan bahwa jiwa sebagai sesuatu yang supernatural atau berasal dari alam ( air )
2.      Anaximander ( 611-546 SM ) mengatakan konsep tentang Tuhan,beliau berpendapat bahwa jiwa itu ada.
3.      Anaximenes ( 490-430 SM ) percaya bahwa jiwa itu ada dan berasal dari udara
4.      Empedokles ( 490-430 SM ) bahwa ada 4 elemen dasar alam yaitu bumi,tanah,udara dan air sedangkan manusia dianalogikan sama.
5.      Hipokrates ( 460-375 Sm ) yang juga dikenal sebagai bapak kedokteran beranggapan bahwa jiwa manusia digolongkan menjadi 4 tipe kepribadian berdasarkan cairan tubuhnya yaitu sanguine ( riang ) oleh darah,melankolis ( murung) oleh sumsum hitam,kolerik ( cepat bereaksi ) oleh sumsum kuning dan flegmatis ( lamban ) oleh lendir.
6.      Tiga serangkai/Trio SPA yaitu Sokrates ( 469-399 SM ),Plato ( 427-347 SM ) dan Aristoteles ( 384-322 SM ) menurut Sokrates pikiran pikiran itu mencerminkan keberadaan jiwa,Plato berteori bahwa jiwa manusia mulai masuk ke tubuhnya sejak ada dalam kandungan sedangkan Aristoteles menulis tentang “ The Anima “ bahwa mahluk hidup terdiri dari 3 golongan ( manusia,hewan,tumbuhan ).
7.      Rene Decrates  ( 1596-1650 ) filsuf prancis mengatakan bahwa ilmu jiwa itu ad lah imu tentang kesadaran dengan mottonya “cogito ergo sum “ yg artinya saya berfikir maka saya ada.
8.      George Berkeley ( 1685-1753 ) filsuf inggris bahwa yang terpenting adalah penginderaan bukan kesadaran atau rasio
9.      Sir Charles Bell ( 1774-1842 ) dan Francois Megendie ( 1783-1855) yang menemukan syaraf sensorik dan m otorik
10.  Ivan pavlov ( 1849-1936) dari Rusia bahwa psikologi sebagai ilmu tentang refleks.
11.  Gardner Murphy ( 1929 ) mengatakan bahwa ilmu yg mempelajari respon yang diberikan mahluk hidup terhadap lingkungannya.
12.  Boring,Edwin G,Herbert S Langfeld,Harry P Weld pada tahun 1948 mengatakan bahwa psikologi adalah studi tentang hakikat manusia.
13.  Woodworth dan Marquis ( 1957 )  memberikan gambaran bahwa psikologi itu mempelajari aktivitas induvidu baik itu kognitif,motorik maupun emosional.
14.  Drever ( 1960 ) Pshychology as a branch of science,psichology has been defined in Various way,according to the particular method of approach adaptoed or field of study proposed by the induvidual psycholigist.
15.  Branca ( 1964 ) dalam bukunya Psycology The science of Behaviour ,dia juga mengemukakan  “ General psychology is the starting place and the core of the study of human behaviour.yang dapat ditarik kesimpulannya bahwa psikologi mempelajari tingkah laku manusia.
16.  Sartain dkk ( 1967:3 ) mengatakan bahwa “ Many people now insist on studying psychologi as a science.
17.  Wundt ( lih.Devidoff,1981 ),psychologi is the science of human consciousness
18.  Morgan ( 1984 ) psychology is the science of human and animal behaviour.
19.  Passer dan smith ( 2004 ) ,psikologi sebagai suatu ilmu yang imperical
Manakah definisi yang tepat dari beberapa pendapat para ahli tersebut ?  jawaban ini sangat sulit karena suatu definisi tepat bagi seseorang tetapi tidak tepat bagi orang lain.
Sarlito W.sarwono menyimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Dan menurut Prof.Dr.Bimo Walgito mengatakan psikologi mempelajari perilaku atau aktivitas sebagai manifestasi hidup dan mencakup mind atau jiwa.
Psikologi sendiri sesungguhnya harus mampu menjelaskan imajinasi,perhatian ,intelek,kewaspadaan,niat,akal,kemauan,tanggungjawab,memori dan lain lain yang melekat dalam kehidupan kita sehari hari ( Gene Zimmer )
Dari definisi diatas ada beberapa unsur yang perlu diketahui yaitu :
1.      Ilmu pengetahuan,psikologi merupakan ilmu dan juga seni karena berhubungan dengan segi kehidupan manusia.
2.      Perilaku,dimaksud adaLah perbuatan perbuatan yang dapat diamati secara langsung oleh panca indera
3.      Manusia,karena manusia berkepentingan dalam ilmu ini dan membutuhkan ilmu ini dalam kehidupannya
4.      Lingkungan,yaitu tempat dimana manusia berada.
Sebagai suatu ilmu,psikologi mempunyai tugas,diantaranya
1.      Mengadakan deskripsi,yaitu menggambarkan secara jelas hal hal yang dipersoalkan
2.      Menerangkan kondisi/keadaan yang mendasari peristiwa
3.      Menyusun teori yaitu meriumuskan ketentuan tentang hubungan peristiwa
4.      Prediksi,yaitu membuat ramalan/estimasi tentang peristiwa yang mungkin terjadi
5.      Pengendalian,yaitu mengendalikan atau mengatur peristiwa tersebut.
Adapun ciri ciri yang berkaitan dengan psikologi adalah :
1.      Objek tertentu,merupakan syarat mutlak suatu ilmu karena objek tersebutlah yang menentukan langkah langkah lanjut.
2.      Metode pendekatan
3.      Mempunyai sejarah/riwayat
4.      Sistematika
Hubungan psikologi dengan ilmu lain diantaranya :
1.      Sosiologi ,misalnya konflik antara kelompok/strata memerlukan penjelasan psikologi
2.      Ilmu ekonomi ,proses pembuatan keputusan dalam sistem ekonomi ( proses ekonomi ) melibatkan manusia dengan demikian memerlukan ilmu psikologi
3.      Ilmu hukum,terkait karena kebenaran dan keadilan sangat subjektif dan karenanya bersifat psikologis.
4.      Ilmu politik,kharisma seorang pemimpin merupakan bagian dari ilmu psikologi
5.      Antropologi,,budaya adalah ruang lingkup kehidupan manusia dengan demikian secara otomatis tidak lepas pula dari ilmu psikologi
6.      Kedokteran,,psikologi membantu para dokter untuk mengadakan pendekatan sebaik baiknya pada pasiennya.
Aliran dalam Psikologi :
1.      Psikologi Nativistik ( Fransz Joseph Gall,1785-1828 )
Teori ini mengatakan bahwa jiwa didapat sejak lahir,pembawaan yang terpenting adalah pikirann,perasaan serta kehendak.
2.      Psikologi Asosiasi atau empirik
Jiwa mberisikan ide ide yang didapatkan melalui panca indera,dimemorikan dan diasosiasikan melalui prinsip kehidupan.misalnya melalui pancaindertanya bayi tahu bahwa rasa lapar selalu diikuti dengan makanan.
Teori teori dalam psikologi diantaranya :
1.      Elementisme atau Struktualisme ( W.Wundt 1832-1920 ),manusia terdiri dari beberapa elemen yaitu penginderaan,perasaan,ingatan dan sebagainya.
2.      Behaviourisme atau psikologi S-R ( John B.Watson 1878-1958 ),yaitu adaptasi suatu perilaku
3.      Psikologi Gestalt ( Max Wertheimer 1912 ),teorinya adalah dalam pengamatan atau persepsi suatu situasi,rangsangan ditangkap secara keseluruhan,misalnya kalau kita mengamati sebuah motor,kita melihat adanya sususnan ban,lampu,spion dan lainnya.dan pengamatan gerakan sebagai suatu phenomena
4.      Psikoanalisis, ( sigmund freud 1856-1939 ) yang dikenal dengan teori alam ketidaksadarannya. Yang timbul semasa kanak kanak.
5.      Psikologi humanistik,adalah paham yang mengutamakan manusia sebagai mahluk keseluruhan,mereka tidak setuju dengan teori sebelumnya yang memandang manusia sebagai salah satu aspek saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar