Sabtu, 17 September 2011

IMD ( Inisiasi menyusu Dini )

  
Apakah Inisiasi Menyusui Dini Itu ?     
Inisiasi menyusi Dini ( Early initation ) atau permulaaun menyusui dini adalah bayi mulai menyusu  sendiri segera setelah lahir.Cara bayi melakukan IMD ini dinamakan brest crawl atau merangkak mencari payudara.

Apa Pentingnya kontak kulit dan menyu sendiri ?
1.      Dada ibu menghangatkan  bayi dengan tepat selama bayi merangkak mencari payudara.akan mengurangi Hypotermia pada bayi baru lahir ( kedinginan )
2.      Ibu dan bayi merasa tenang.Pernapasan dan detak jantung bayi lebih stabil,bayi akan jarang menangis dn hal ini akan menghemat energy.
3.      Saat merangkak mencari payudara,bayi memindahkan bakteri dari kulit ibunya dan ia akan menjilat kulit ibu,menelan bakteri baik yang akan membentuk koloni dikulit dan usus bayi.
4.      Bonding ( ikatan kasih saying ) antara ibu bayi akan lebih baik karena pada 1-2 jam pertama bayi dalam keadaan siaga.setelah itu biasanya bayi akan todur dalam waktu yang lama.
5.      Makanan awal non-Asidapat menganggu kesehatan bayi
6.      Bayi yang diberi kesempatan menyusu dini lebih berhasil menyusui ekslusif dan akan lebih lama disusui.
7.      Hentakan kepala bayi didada ibu,sentuhan tangan diputing susus,jilatan bayi akan merangsang pengeluaran hormone oksitosin yang baik untuk kontraksi uterus.
8.      Bayi mendapatkan ASI Kolostrum
9.      Ibu dan ayah akan sangat bahagia bertemu bayinya untuk pertama kali dalam posisi seperti ini.

Apa itu Lima tahapan perilaku bayi IMs ( Pre feeding behavior ) ?

Dalam 30 menit pertama stadium istirahat ( rest/quite alrt stagfe ) dimana bayi diam tidak bergerak,sesekali matanya terbuka lebar melihat ibunya.masa tenag yang isimewa ini merupakan penyesuaian peralihan dari keadaan dalam kandungan ke keadaan luar kandungan.Bonding ( hubungan kasih saying ) merupakan dasar pertumbuhan bayi dalam suasana aman.hal ini meningkatkan kepercayaan diri ibu terhadapkemampuan menyusui dan mendidik bayinya.


 
Antara 20-30 menit : mengeluarkan suara,gerakan mulut seperti mau minum,mencium,menjilat tangan.bayi mencium dan merasakan cairan ketuban yang ada ditangannya.bau dan rasa ini akan membimbing bayi untuk menemukan payudara dan putting susu ibunya.




Mengeluarkan air liur,dimana sat menyadari bahwa ada makanan disekitarnya,bayi mulai mengeluarkan air liurnya.





Bayi mulai bergerak kearah payudara.Areola sebagai sasaran,dengan kaki menekan perut ibu,ia menjilai-jilat kulit ibu,menghentak-hentakan kepala ke dada ibu,menoleh kekanan dank e kiri,serta menyentuh dan meremas daerah putting susu dan sekitarnya dengan tangannya yang mungil.




Menemukan,menjilat,mengulum putting susu,membuka mulut lebar,dan melekat dengan baik



Pustaka :buku Inisiasi Menyusu Dini, dr Hj. Utami Roesli,
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar