Sabtu, 17 September 2011

Bidan Delima



Lagu Bidan Delima
( Nada I Have A Dream )


 Impianku…….Kudendangkan , Senandungku……..Kuungkapkan
Mari perhatikan seorang Bidan
Punya masa Depan, Penuh Harapan
Mari Kita jain pelayanan yang berkualitas
Kami meyakini , peristiwa besar terjadi

Kan Kugapai......Impianku , Impianku.........Harapanku
Menolongku mewujudkan
Dijalan hidupku yang kepersembahkan
Padamu Bangsaku geberasi masa depan
Aku meyakini pada perlindungan Tuhan ku
Aku meyakini Bidan Delima memuaskan

Kan Kugapai.........Impianku
Bidan Delima.........Impianku....


                                                                                                             Pontianak,1 Februari 2008      
                                                                                                      Pelatihan Fasilitator Bidan Delima

PROGRAM BIDAN DELIMA
PENDEKATAN INOVATIF KUALITAS PELAYANAN BIDAN

I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Sebagai salah satu profesi dalam bidang kesehatan, Bidan memiliki kewenangan untuk memberikan Pelayanan Kebidanan (Kesehatan Reproduksi) kepada perempuan remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bersalin, nifas, masa interval, klimakterium, dan menopause, bayi baru lahir, anak balita dan prasekolah. Selain itu Bidan juga berwenang untuk memberikan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Masyarakat.
Peran aktif Bidan dalam pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana sudah sangat diakui oleh semua pihak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa 66% persalinan, 93% kunjungan ante natal (K1), 80% dari pelayanan Keluarga Berencana dilakukan oleh Bidan. Peranan Bidan dalam pencapaian 53% prevalensi pemakaian kontrasepsi, 58% pelayanan kontrasepsi suntik dilakukan oleh Bidan Praktek Swasta dan 25% pemakai kontrasepsi pil, 25 % IUD dan 25 % implant dilayani oleh Bidan Praktek Swasta (Statistik Kesehatan 2001).
Dari tahun ke tahun permintaan masyarakat terhadap peran aktif Bidan dalam memberikan pelayanan terus meningkat. Ini merupakan bukti bahwa eksistensi Bidan di tengah masyarakat semakin memperoleh kepercayaan, pengakuan dan penghargaan.
Berdasarkan hal inilah, Bidan dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya termasuk pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Karena hanya melalui pelayanan berkualitas pelayanan yang terbaik dan terjangkau yang diberikan oleh Bidan, kepuasan pelanggan baik kepada individu, keluarga dan masyarakat dapat tercapai.

B. DASAR HUKUM
1. UU No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.
2. Anggaran Dasar IBI Bab II Pasal 8 dan Anggaran Rumah Tangga IBI Bab III Pasal 4.
3. Kepmenkes No. 900/VII/2002 tentang Registrasi dan Praktek Bidan.
4. SPK (Standar Pelayanan Kebidanan) IBI 2002.

C. MANFAAT
Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan berpartisipasi sebagai Bidan Delima yang tentunya akan mendukung performa dan identitas profesionalisme Bidan Praktek Swasta, diantaranya adalah:
1. Kebanggaan profesional
2. Kualitas pelayanan meningkat
3. Pengakuan organisasi profesi
4. Pengakuan masyarakat
5. Cakupan klien meningkat
6. Pemasaran dan promosi
7. Penghargaan bidan delima
8. Kemudahan lainnya

II. KONSEP BIDAN DELIMA

A. PENGERTIAN
Bidan Delima adalah suatu program terobosan strategis yang mencakup :
  1.  Pembinaan peningkatan kualitas pelayanan bidan dalam lingkup Keluarga Berencana(KB) dan Kesehatan Reproduksi.
  2. Merk Dagang/Brand
  3. Mempunyai standar kualitas, unggul, khusus, bernilai tambah, lengkap, dan memilikihak paten.
  4.  Rekrutmen Bidan Delima ditetapkan dengan kriteria, system, dan proses baku yangharus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan.
  5. Menganut prinsip pengembangan diri atau self development, dan semangat tumbuhbersama melalui dorongan dari diri sendiri, mempertahankan dan meningkatkan
  6. kualitas, dapat memuaskan klien beserta keluarganya.
  7. Jaringan yang mencakup seluruh Bidan Praktek Swasta dalam pelayanan Keluarga
    Berencana dan Kesehatan Reproduksi.

B. LOGO BIDAN DELIMA

Makna yang ada pada Logo Bidan Delima adalah:
  • Bidan  Petugas Kesehatan yang memberikan pelayanan yang berkualitas, ramahtamah,aman-nyaman, terjangkau dalam bidang kesehatan reproduksi,keluarga berencana dan kesehatan umum dasar selama 24 jam.
  • Delima :Buah yang terkenal sebagai buah yang cantik, indah, berisi biji dan cairanmanis yang melambangkan kesuburan (reproduksi).
  • Merah :  Warna melambangkan keberanian dalam menghadapi tantangan danpengambilan keputusan yang cepat, tepat dalam membantu masyarakat.
  • Hitam : Warna yang melambangkan ketegasan dan kesetiaan dalam melayani kaum perempuan (ibu dan anak) tanpa membedakan.
  • Hati  Melambangkan pelayanan Bidan yang manusiawi, penuh kasih sayang(sayang Ibu dan sayang Bayi) dalam semua tindakan/ intervensi pelayanan.
Bidan Delima melambangkan:
Pelayanan berkualitas dalam Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana yang berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.
Logo/branding/merk Bidan Delima menandakan bahwa BPS tersebut telah memberikan pelayanan yang berkualitas yang telah diuji/diakreditasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, memberikan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pelanggannya (Service Excellence).

C. TUJUAN
1. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
2. Meningkatkan profesionalitas Bidan.
3. Mengembangkan kepemimpinan Bidan di masyarakat.
4. Meningkatkan cakupan pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana.
5. Mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian Ibu, Bayi dan Anak.

D. VISI DAN MISI
1. Visi
Meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan yang terbaik, agar dapat
memenuhi keinginan masyarakat
2. Misi
Bidan Delima adalah Bidan Praktek Swasta yang mampu memberikan pelayanan
berkualitas terbaik dalam bidang kesehatan reproduksi dan keluarga berencana,
bersahabat dan peduli terhadap kepentingan pelanggan, serta memenuhi bahkan
melebihi harapan pelanggan

E. KERANGKA KERJA
Suatu program akan dapat terlaksana dengan baik melalui pengelolaan yang cermat dankonsisten; dengan orientasi utamanya pada potensi, ketersediaan sumber daya dankemampuan internal oranisasi pelaksananya.
Terkait dengan hal tersebut maka program Bidan Delima dikembangkan melalui komponenpelaksanaan sebagai berikut:
1. Membentuk Unit Pelaksana Bidan Delima tingkat PP, PD dan PC.
2. Menggalang dukungan internal IBI dan stakeholders.
3. Menyelenggarakan Pelatihan Fasilitator.
4. Menyiapkan Sistem Logistik.
5. Melaksanakan lokakarya Bidan Delima di masing-masing Cabang.
6. Melaksanakan Proses Validasi.
7. Menyelenggarakan upacara Pengukuhan Bidan Delima.
8. Menentukan sistem penarikan dan alokasi Iuran Tahunan Bidan Delima.
9. Melaksanakan monitoring dan evaluasi program.

III. PELAKSANAAN BIDAN DELIMA
A. STRATEGI

Menggalang upaya terpadu dalam peningkatkan kualitas pelayanan dan profesionalisme
Bidan Praktek Swasta dengan:
  1. Menyiapkan pengelola program Bidan Delima di setiap jenjang kepengurusan IBI.
  2.  Mengembangkan jaringan pelayanan Bidan Delima yang dirancang secara sistematissesuai dengan standar kualitas pelayanan yang baku.
  3. Mensosialisasikan program Bidan Delima kepada seluruh jajaran IBI dan Bidan PraktekSwasta di 15 Propinsi dalam rangka meningkatkan minat dan jumlah Bidan berpredikatBidan Delima.
  4.  Memberikan penghargaan kepada Bidan Delima yang berprestasi.
  5. Meluncurkan program pemasaran Bidan Delima untuk meningkatkan minat masyarakatmenggunakan jejaring pelayanan Bidan Delima.
B. IMPLEMENTASI
1. Komponen Penggerak
Komponen penggerak program adalah fasilitator dan Unit Pelaksana Bidan Delima.Fasilitator merupakan orang terdepan dan pioneer dalam pengembangan programBidan Delima di lingkungannya masing-masing. Fasilitator dipilih dan ditunjuk olehPengurus Cabang untuk melaksanakan rekrutmen, menstarship/pembimbingan danvalidasi terhadap calon Bidan Delima lainnya. Untuk menjadi fasilitator melaluipelatihan terlebih dahulu.

2. Buku Panduan
Program ini telah dilengkapi dengan berbagai buku pedoman, panduan, dan instrumen sebagai berikut :
a. Untuk manajemen.
  • Panduan pengorganisasian.
  • Petunjuk teknis pelaksana tingkat provinsi.
  • Petunjuk teknis pelaksana tingkat kabupaten/kota
b. Untuk fasilitator.
  • Buku Panduan fasilitator.
  •  Buku acuan fasilitator.
  •  Instrumen pra kualifikasi.
  • Instrumen validasi.
c. Untuk pelatih fasilitator
  • Pedoman pelatih.
  •  Buku acuan pelatih.
  • Buku acuan peserta pelatihan.
d. Untuk Bidan Delima.
  • Panduan pelayanan kesehatan maternal dan neonatal.
  •   Panduan praktis pelayanan kontrasepsi.
  •  Panduan pencegahan infeksi.
  •  Kode etik profesi.
  • Panduan pendidikan berkelanjutan.
  •  Standar pelayanan kebidanan.
  • Buku panduan kajian mandiri.
  •  Poster, leaflet.
3. Proses Menjadi Bidan Delima
Ada beberapa tahap yang harus dilalui seorang Bidan/BPS yang ingin menjadi Bidan Delima, yaitu:
a. Untuk menjadi Bidan Delima, seorang Bidan Praktek Swasta harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, yaitu : memiliki SIPB, bersedia membayar iuran, bersedia membantu BPS menjadi Bidan Delima dan besedia mentaati semua ketentuan yang berlaku.
b. Melakukan pendaftaran di Pengurus Cabang.
c. Mengisi formulir pra kualifikasi.
d. Belajar dari Buku Kajian Mandiri dan mendapat bimbingan fasilitator.
e. Divalidasi oleh fasilitator dan diberi umpan balik.

Prosedur validasi standar dilakukan terhadap semua jenis pelayanan yang diberikan oleh Bidan Praktek Swasta yang bersangkutan.
Bagi yang lulus, yaitu yang telah memenuhi seluruh persyaratan minimal dan presedur standar, diberikan sertifikat yang berlaku selama 5 tahun dan tanda pengenal signage, pin, apron (celemek) dan buku-buku. Bagi yang belum lulus, fasilitator terus mementor sampai ia berhasil lulus jadi Bidan Delima.

C. MONITORING DAN EVALUASI
Dalam rangka mempertahankan kualitas pelayanan Bidan Delima secara konsisten, dirancang suatu sistem monitoring yang mencakup antara lain:
1. Laporan bulanan
Secara rutin Bidan Delima diminta untuk mengirimkan laporan kepada PC IBI untuk diteruskan ke PP dan ditembuskan ke PD sehingga dapat dianalisa kemajuan, perkembangan dan hambatan yang dihadapi di lapangan.
2. Merancang Instrumen Penilaian Kualitas.
Instrumen (tools) yang dibagikan dan diisi oleh beberapa sampel Bidan Delima setelah 6 bulan pelaksanaan program. Kajian ini dibagikan melalui PC IBI setempat dan dikirimkan kepada PD dan PP untuk proses analisa selanjutnya.
3. Monitoring lapangan oleh PC, PD, PP dan Fasilitator akan dilakukan secara incognito untuk observasi konsistensi kualitas pelayanan Bidan Delima.
Semua hasil temuan akan dianalisa oleh Unit Pelaksana Bidan Delima Pusat untuk dilaporkan kepada semua Cabang dan Propinsi dan dipergunakan sebagai pertimbangan dalam proses perencanaan selanjutnya.

IV. PENUTUP
Program Bidan Delima akan terus dikembangkan secara mandiri. Sosialisasi terus dilaksanakan, yaitu memotivasi daerah/propinsi lain, termasuk sosialisasi kepada pemerintah daerah supaya mendukung dengan cara ada penyediaan anggaran pemerintah daerah untuk program ini. Dengan dukungan berbagai pihak, IBI yakin program ini akan berhasil.
Jakarta, 5 Juli 2005
Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia

KOLEKSI FOTO PELATIHAN FASILITATOR BIDAN DELIMA
DI PONTIANAK,KALIMANTAN BARAT

Bersama Ibunda Ketua PP.IBI Bu harni dan Pengurus Bu Mul,juga bersama Ibunda Arismawati  dan drg.Trisnawati ( ka.Pusk periode 2007-2008 Tambelan sampit )

 Bersama salah satu Pengurus IBI Pusat Ibunda Ros

 Materi Bidan Delima membuat asyikkk....


 Tim Uji Kompetensi
 Lagu merdu dari sang bidan delima

 Plang nama Di BPS ku












2 komentar:

  1. ready stock buku kia bpm dan buku bpm lain nya bunda, fast call di 081216503676 Salam Andri Kia ^_^

    BalasHapus