MANUSIA
Sifat sifat manusia sebagai mahluk hidup pada umumnya adalah :
1. Ikatan biologis,manusia membutuhkan udara,makanan dan minuman untuk mempertahankan hidupnya,termasuk memperpanjang keturunannya dengan adannya kebutuhan seksual,dan semua sitem seperti saraf,pembuluh dara,jantung dan lainnya sudah diatur dan tidak dapat dirubah lagi,karena itu manusia dibekali alat alat untuk bertahan dalam hidupnya dan inilah yang membedakan manusia dengan hewan,sesuai dengan teori darwin ( teori evolusinya ) bahwa hanya tingkat kecerdasan yang setinggi tingginya modal manusia untuk bertahan dalam dunia ini.
2. Mahluk adalah satuan hidup,artinya mempunyai bagian bagian tubuh seperti sel,jaringan dan organ tubuh
3. Sistem energis yang dinamis, sebagai mahluk hidup manusia membutuhkan energi dalam kehidupannya
4. Pertumbuhan mengikuti pola tertentu,artinya melalui tahp tahap mulai dari embrio sampai menjadi seorang manusia
5. Adanya perkembangan dan pematangan terhadap perilaku,jadi perilaku manusia tak lepas dari proses pematangan organ tubuh.dalam perkembangannya para ahli berpendapat dalam teorinya yaitu :
a. Teori navitisme, manusia ditentukan oleh faktor keturunan yang dibawa sejak lahir
b. Teori emperisme, perkembangan manusia berdasarkan pengalaman pengalaman yang terjadi dalam hidupnya
c. Teori Konvergensi , yaitu gabungan keduanya,dan bahwa lingkungan mempunyai peran penting dalam perkembangan individu,adapun lingkungan terdiri dari lingkungan fisik berupa alam,lingkungan sosial berupa lingkungan masyarakat.dalam lingkungannya manusia mempunyai sikap antara lain menentang/menolak,menerima atau bersikap netral terhadap lingkungan.
Dalam perkembangannya manusia mengalami pematangan atau penyempurnaan fungsi tubuh secara alamiah sehingga mengakibatkan perubahan perilaku,terlepas dari ada atau tidaknya proses belajar.
Pada belajar,artinya manusia mengubah atau memperbaiki perilaku melalui latihan ,pengalaman atau kontak dengan lingkungannnya.dan dalam proses belajar tersebut ada tiga hal utama yang harus dipahami ( Feldman,2003 ) yaitu :
1. Belajar adalah perubahan tingkah laku
2. Melalui seperangkat latihan atau pengalaman
3. Relatif permanen,tidak hanya muncul sesaat
Ada istilah yang dinamakan pengkondisian klasik ( Classical Conditioning ) yaitu prinsip belajar menggunakan stimulus netral atau dikondisikan,misalnya seekor anjing yang diberikan sekeret daging mengeluarkan liurnya.jika pada manusia contohnya periklanan,atau pacaran yang lebih sensitif jika mendengar suara telpon seakan akan diasosiasikan pacarlah yang menelpon.
Pengkondisian Operan ( Operant Conditioning ) pada prinsipnya setiap stimulus akan menghasilkan beberapa respon.
Dalam pembelajaran juga ada istilah lain yaitu ganjaran yang dapat bersifat positif ( stimulus yang ditambahkan meningkatkan respon awal ) atau ganjaran negatif ( yang menimbulkan ketidaknyamanan )
Sinergis pematangan dan belajar.
Ada perilaku yang ditentukan semata mata oleh proses pematangan seperti berjalan,dan ada juga yang melalui proses belajar misalnya bagaimana cara berdoa,dan laiinya.latihan yang diberikan sebelum pematangan maka hasilnya hanya bersifat sementara,misalnya pada anak TK belum dapat diterapkan matematika atau bahasa inggris karena pematangan intelektualnya belumlah sampai pada hal tersebut.pada belajar ada sifat ke khasan artinya setiap anak tidaklah sama dimana ada anak yang lebih cepat menangkap bahasa asing adapula yang cepat di matematika.
Jadi Perilaku manusia dapat dibedakan perilaku yang refleksif atau terjadi secara spontan atau otomatis dan perilaku non refleksif yaitu terjadi reaksi secara spontan terhadap stimulus.( dikendalikan oleh pusat kesadaran otak ) dan hal inilah yang paling dominan .
TEORI PERILAKU
1. Teori insting
Oleh Mc.Dougall sebagai pelopor psikologi sosial,menurutnya perilaku itu disebabkan oleh insting yang selalu berubah berdasarkan pengalaman
2. Teori dorongan ( Drive Theory ),bertolak belakang dengan teori insting,teori ini mengatakan bahwa dorongan perilaku akan ada karena adanya kebutuhan
3. Teori insentif ( Incentive theory ),perilaku ada karena adanya insentif/reinformance baik positif atau negatif
4. Teori atribusi ,perilaku disebabkan oleh disposisi internal atau keadaan eksternal
5. Teori Kognitif, atau disebut model subjektive expected utility ( SEU ) dimana seseorang harus mampu memilih perilaku mana yang mesti dilakukan yang membawa mabfaat bagi yang bersangkutan
Ciri-ciri perilaku manusia yang membedakannya dengan hewan yaitu :
1. Kepekaan sosial yaitu kemampuan untuk menyesuaikan perilaku dengan harapan dan pandangan orang lain.
2. Kelangsungan perilaku,artinya perbuatan / perilaku manusia tidak secara sporadis atau timbul begitu saja,tetapi selalu ada kelangsungannya.
3. Orientasi pada tugas , setiap manusia selalu mengarah pada suatu tugas tertentu seperti belajar,bekerja.
4. Usaha dan perjuangan , dengan kata lain manusia mempunyai aspirasi yang diperjuangannya.
5. Manusia adalah unik,artinya setiap manusia tidak sama satu dengan yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar