Sabtu, 07 Mei 2011

Remaja memahami tentang Pubertas dan Alat Reproduksi


A. PUBERTAS 

 Apa yang terjadi di masa pubertas? 
Pada  masa  pubertas  ditandai  dengan  kematangan  organ-organ reproduksi, termasuk pertumbuhan seks sekunder. Pada masa ini juga remaja mengalami pertumbuhan fisik yang sangat cepat. 
Kapan awal masa puber? 
Ada  ahli  yang  mengatakan  bahwa  masa  pubertas  terjadi  sebelum munculnya menstruasi dan mimpi basah. Secara fisik dalam tubuh kita terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat. 
Apa penyebab perubahan fisik remaja? 
Hingga kini belum jelas. Yang terjadi adalah 4 tahun sebelum menstruasi, bagian otak yang disebut hypothalamus sudah mengeluarkan zat yang disebut  faktor  pencetus  yang  menghasilkan  hormon  pertumbuhan. Pertumbuhan  yang  cepat  ini  dimulai  kira-kira  4  tahun  sebelum menstruasi, terutama dalam 2 tahun yang pertama dan melambat lagi menjelang menstruasi.  
Ada  juga  para  ahli  yang  berpendapat,  masa  pubertas ditandai  dengan  dimulainya  seorang  perempuan mengalami menstruasi dan mimpi basah pada laki-laki. Secara  psikologis  mulainya  mimpi  basah  dan menstruasi  berpengaruh  pada  remaja.  Mereka  mulai menyadari  sudah  terjadi  perubahan  pada  dirinya.  
Apa pengaruh awal masa pubertas terhadap emosi remaja?  
Ketidaktahuan  remaja  mengenai  apa  yang  terjadi  pada  dirinya  dan mengapa  hal  itu  terjadi  dapat  menimbulkan  rasa  cemas  dan  malu. Mereka akan bertanya-tanya apakah  perubahan itu merupakan suatu hal  yang normal, apakah semua orang mengalaminya, apa yang harus mereka lakukan dengan perubahan itu.  
Bagaimana reaksi remaja perempuan pada awal masa pubertas?  
Pada  remaja perempuan, umumnya belajar tentang haid dari ibunya. Sayangnya  tidak  semua  ibu/orang  tua  memberikan  informasi  yang memadai  kepada  putrinya  dan  sebagian  bahkan  beranggapan  tabu membicarakan  hal  tersebut  kepada  putrinya.  Akibatnya  remaja  putri menjadi cemas dan berkeyakinan  bahwa menstruasi  itu sesuatu yang tidak menyenangkan dan membuat dirinya kotor. Khususnya jika remaja

putri tersebut mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan menjelang dan  selama  ia  menstruasi  seperti  merasa  tidak  enak  badan,  pusing- pusing, perut kembung, letih atau mudah tersinggung.  
Bagaimana dengan remaja laki-laki?  
Dibandingkan  dengan  remaja  putri,  pengalaman  mengalami  mimpi basah pada laki-laki tidak menimbulkan kecemasan yang tinggi, karena tidak  diperlukan  perawatan  ekstra  seperti  menstruasi  pada  remaja putri.  
B. HORMON SEKS  
Apa yang menyebabkan perubahan pada masa pubertas?  
Perubahan  dari  anak  memasuki  masa  remaja,  semua  diatur  oleh hormon.  
Bagaimana cara kerja hormon seks sehingga terjadi perubahan pada remaja?  
Perubahan terjadi disebabkan oleh pusat pengendali utama dari bagian otak yang disebut hypothalamus. Hypothalamus bekerja sama dengan kelenjar bawah otak mengendalikan urut-urutan rangkaian perubahan itu dengan mengeluarkan hormon-hormon tertentu, antara lain adalah hormon  estrogen  dan  testosteron.  Hormon  estrogen  dominan  pada remaja perempuan dan testosteron pada remaja laki-laki.
 
Apa pengaruh dan manfaat hormon estrogen pada anak perempuan? 
Hormon  ini  membuat  seorang  anak  perempuan  memiliki  sifat kewanitaan  setelah  remaja.  Hormon  estrogen  mempunyai  beberapa khasiat. Dia dapat merangsang pertumbuhan saluran susu di payudara sehingga payudara membesar. Juga merangsang pertumbuhan saluran telur, rongga rahim dan vagina sehingga membesar. Di vagina, estrogen membuat  dinding  kian  tebal  dan  cairan  vagina  bertambah  banyak. Estrogen  juga  dapat  mengakibatkan  tertimbunnya  lemak  di  daerah panggul  wanita,  tetapi  juga  dapat  memperlambat  pertumbuhan tubuh yang semula sudah dirangsang oleh kelenjar bawah otak. Itulah sebabnya  mengapa  perempuan  dewasa  tidak  setinggi  anak  laki-laki sebayanya. 
Selain estrogen hormon apalagi yang dominan pada tubuh anak perempuan? 
Selain  estrogen  hormon  seks  utama  lain  dari  seorang  wanita  adalah progesteron,  yang khasiatnya  bermacam-macam  tetapi efeknya  yang utama adalah melemaskan otot-otot halus, meningkatkan produksi zat lemak di kulit dan meningkatkan suhu badan. Efek progesterone yang terpenting  ialah  pada rahim. la mempertebal  dinding  di dalam rahim dan merangsang kelenjar-kelenjar agar mengeluarkan cairan pemupuk bagi  sel  telur  yang  dibuahi.  Dengan  demikian  sel  telur  yang  sudah dibuahi akan terpelihara selama mencoba memperkuat kedudukannya di dinding rahim.  
Apa pengaruh dan manfaat hormon testosteron pada remaja laki-laki?  
Hormon testosteron yang dihasilkan oleh testis. Hormon-hormon seks ini ada di dalam darah dan mempengaruhi alat-alat dalam tubuh serta menyebabkan terjadinya beberapa pertumbuhan seks primer. Hormon testosteron  bersama  anak  ginjal  (androgen)  menimbulkan  ciri-ciri pertumbuhan seks sekunder. Karena  di  masa  puber  hormon-hormon  seksual  berkembang  dengan pesat,  ini membuat  remaja sangat  mudah terangsang  secara seksual. Pada laki-laki, dorongan seks yang muncul akan menyebabkan sebuah reaksi  berupa  mengerasnya  penis.  Reaksi  ini  dikenal  dengan  istilah ereksi.  
Namun  demikian,  karena  belum  stabilnya  hormon  di  dalam  tubuh, ereksi  bisa  muncul  tanpa  adanya  rangsangan  seksual.  Kondisi  yang sering kali muncul secara tak terduga ini bisa membuat remaja laki-laki salah  tingkah  dan  kebingungan  menyembunyikan  tonjolan  di  celana gara-gara ereksi tadi.  
C. PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS  
Ke mana arah perkembangan psikologis remaja?  
 Secara  emosional  remaja  bergerak  ke  arah  mandiri  lepas  dari  orang tua atau mereka yang lebih tua dan membentuk hubungan dan minat yang baru.
 
Apakah perubahan emosional ini dapat dilalui dengan mudah?  
Tidak, sehingga juga disebut dengan masa pancaroba.  
Apa yang di maksud dengan masa pancaroba pada remaja?  
Adalah  di  mana  seorang  remaja  mulai  menyesuaikan  sikapnya sebagai orang dewasa karena adanya perubahan pada tubuhnya serta bertambahnya  pengetahuan  (baik  yang  benar  maupun  yang  keliru) tentang dirinya.  
Ciri-ciri seorang remaja sedang memasuki masa pancaroba:  
•_ Mulai  meninggalkan  ketergantungan  kepada  keluarga  dan ketenangan masa kecil, ke arah dunia dewasa yang penuh frustrasi, persaingan dan kekecewaan.  
•_ Mulai  mempelajari  sikap  serta  pandangan  yang  berbeda  tentang moral  dan  seksualitas  antara  sikap  dan  pandangan  yang  dianut keluarganya dengan yang ada di dunia luar.  
•_ Mulai  menghadapi  konflik  dan  harus  memutuskan berapa  norma yang  harus  diambil  dari  luar,  serta  berapa  banyak  ajaran  orang tuanya yang harus dia tolak.
 
Bagaimana remaja melalui masa pancaroba ini? 
Sebagian besar remaja mampu menyesuaikan diri tanpa mendapatkan kesulitan  apa-apa.  Tetapi  selama  masa  penyesuaian,  remaja  akan bersikap  irasional,  mudah  tersinggung  dan  sulit  dimengerti.  Hal  ini karena  adanya  konflik  dalam  dirinya,  frustrasi,  kebimbangan  dan bahkan mungkin keputusasaan. 
Adakah ciri-ciri lain dari masa ini? 
Ada,  yaitu  mulai  muncul  kebutuhan  akan  privasi,  keintiman  dan ekspresi erotik. Pada masa ini mulai  tumbuh ketertarikan pada lawan jenisnya  dan  keinginan  untuk  menjalin  hubungan  yang  lebih  dekat dengan lawan jenisnya. 
D. NUTRISI/GIZI 
Bagaimana nutrisi/gizi yang baik untuk remaja? 
Remaja  laki-laki  maupun  perempuan  mengalami  perkembangan fisik  yang  cukup  pesat  yang  tentunya  membutuhkan  asupan  nutrisi seimbang agar tetap dapat menjaga kesehatan secara umum.Kebutuhan  nutrisi  seimbang  yang  penting  adalah  dalam  beberapa aspek antara lain: 
a.   Jumlah,  pada  remaja  biasanya  aktivitas  fisik  meningkat  sehingga kebutuhan kalori meningkat minimal 2000 kalori per hari. 
b.   Komposisi, diperlukan berbagai unsur seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
Adakah kebutuhan nutrisi khusus remaja perempuan? 
Ada.  Untuk  remaja  perempuan  ada  kebutuhan  spesifik  berkaitan dengan  kesehatan  reproduksinya  yaitu  proses  menstruasi  dan persiapan kehamilan. Dibutuhkan nutrisi yang banyak mengandung zat besi  dan  vitamin  C  yang  berfungsi  mempercepat  proses  penyerapan zat  besi  agar  remaja  perempuan  terhindar  dari  anemia  (kekurangan sel darah merah). Perlu diperhatikan juga apakah ada infeksi menahun (seperti infeksi cacing) yang dapat menyebabkan anemia. Anemia dapat menyebabkan lesu, sulit berpikir karena kurangnya oksigen ke otak di mana pembawa  oksigen di  darah adalah sel  darah merah, juga  dapat terjadi  gangguan  secara  umum  seperti  di  kulit,  rambut,  organ-organ lainnya. Sedangkan sebagai persiapan kehamilan dibutuhkan kadar sel darah merah yang cukup untuk  ibu dan janin,  proses persalinan  yang pasti terjadi perdarahan.
LEBIH JAUH MENGENAI   ORGAN-ORGAN REPRODUKSI 
A. REMAJA PEREMPUAN 







 Apa saja organ reproduksi perempuan serta fungsinya? 
Organ  reproduksi  perempuan  yang  penting  dalam  proses  reproduksi adalah : 
a.  Indung  telur  (ovarium),  fungsi  menghasilkan  sel  telur,  hormon-hormon (estrogen, progresteron dll). 
b.  Saluran telur (tuba falopii), fungsinya tempat berjalannya sel telur setelah keluar dari ovarium (proses ovulasi) dan tempat pembuahan (konsepsi) atau bertemunya sel telur dan sperma
.c.  Rahim  (uterus),  berupa  rongga  yang  terlindungi  oleh  beberapa lapisan otot dan  selaput lendir, fungsinya tempat  berkembangnya janin, dinding rahim yang menebal dan berisi pembuluh darah akan keluar sebagai menstruasi
.d.  Liang  kemaluan  (vagina),  digunakan  untuk  sanggama  dan  jalan lahir bayi.  
e.  Bibir kemaluan (vulva) yang melindungi vagina.
Secara rinci bagaimana gambaran organ reproduksi perempuan?
  1.  OVARIUM  (indung  telur)  yaitu  organ  di  kiri  dan  kanan  rahim  di ujung saluran fimbrae (umbai-umbai) dan terletak di rongga pinggul indung  telur  berfungsi  mengeluarkan  sel  telur  (ovum).  Sebulan sekali indung  telur kiri  dan  kanan  secara bergiliran mengeluarkan sel telur. Sel telur adalah sel yang dihasilkan oleh indung telur yang dapat dibuahi oleh sperma. Bila tidak dibuahi maka akan ikut keluar pada saat menstruasi.  
2.  FIMBRAE  (umbai-umbai)  dapat  dianalogikan  dengan  jari-jari tangan.  Umbai-umbai  ini  berfungsi  untuk  menangkap  ovum  yang dikeluarkan indung telur.  
3.  TUBA FALLOPI (saluran telur) yaitu saluran di kiri dan kanan rahim yang berfungsi  untuk  dilalui  oleh  ovum  dari indung  telur menuju rahim. Ujungnya berbentuk fimbrae.  
4.  UTERUS  (rahim)  yaitu  tempat  terdapat  calon  bayi  dibesarkan, bentuknya  seperti  buah  alpukat  gepeng  dan  berat  normalnya antara  30  -  50  gram.  Pada  saat  tidak  hamil,  besar  rahim  kurang lebih sebesar telur ayam kampung, dindingnya terdiri dari:  
•_ Lapisan  parametrium  adalah  lapisan  yang  paling  luar  dan lapisan yang berhubungan dengan rongga perut.  
•_ Lapisan miometrium adalah lapisan yang berfungsi mendorong bayi keluar dari proses persalinan kontraksi.  
•_ Lapisan  endometrium  adalah  lapisan  dalam  tempat menempelnya  sel  telur  yang  sudah  dibuahi.  Lapisan endometrium terdiri dari lapisan kelenjar yang dipenuhi berisi pembuluh darah.

5.  CERVIX  (leher  rahim)  yaitu  bagian  bawah  rahim  bagian  luar ditetapkan sebagai batas penis waktu masuk ke dalam vagina. Pada saat  persalinan  tiba,  leher  rahim  membuka  sehingga  bayi  dapat keluar.  
6.  VAGINA  (LUBANG  SENGGAMA)  yaitu  sebuah  saluran  berbentuk silinder  dengan  diameter  dinding  depan  ±  6,5  cm  dan  dinding belakang  ±  9  cm  yang  bersifat  elastis  dengan  berlipat-lipat. Fungsinya  sebagai  tempat  penis  berada  waktu  bersanggama, tempat keluarnya menstruasi dan bayi.  
7.  MULUT  VAGINA  yaitu  awal  dari  vagina,  merupakan  rongga penghubung  rahim  dengan  bagian  luar  tubuh.  Lubang  vagina  ini ditutupi oleh selaput dara. 
•_ Klitoris (kelentit) yaitu benjolan daging kecil yang paling peka dari seluruh alat kelamin perempuan. Klitoris banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf.  
•_ Selaput  dara  (hymen)  yaitu  selaput  tipis  yang  terdapat  di muka liang vagina.  Selaput  dara  tidak mengandung pembuluh darah.  Robeknya  selaput  biasanya  terjadi  karena  hubungan seks (masuknya alat kelamin laki-laki ke dalam vagina). Selaput dara  dapat  juga  robek  karena  kecelakaan  atau  kegiatan  olah raga  yang  berat  (berkuda  atau  jatuh  dari  sepeda),  tetapi  hal ini  jarang  terjadi.  Kegiatan  olah  raga  berat  tersebut  dapat menyebabkan  robeknya  selaput  dara  jika  kecelakaan  yang terjadi menimbulkan luka penetrasi pada mulut vagina.  
Pada  saat  hubungan  seks  yang  pertama  dapat  disertai  sedikit pendarahan tetapi bisa juga tidak. Hal ini tergantung pada kekenyalan selaput  dara.  Pendarahan  terjadi  karena  ada  luka  pada  pembuluh darah  yang ada  di  sekitar  dinding  vagina,  bukan  berasal  dari  selaput dara.  Selaput  dara  memiliki  lubang  atau  pori-pori,  karena  melaluilubang atau pori-pori  tersebut keluar  darah sewaktu kita  menstruasi. Kalau tidak  ada  lubangnya malah  akan menimbulkan penyakit karena darah  menstruasi  menumpuk  tidak  bisa  keluar  yang  akhirnya  bisa membahayakan  organ  reproduksi. Bila  hal  ini terjadi, dianjurkan  agar remaja perempuan ini memeriksakan  diri ke dokter  atau  bidan  untuk dicari penyebabnya. Lubang atau pori-pori pada selaput dara bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Bentuknya ada yang bulat, lonjong, maupun bergerigi dan letaknya  bisa  di  tengah,  di  pinggir  atau seperti  saringan.  Selaput dara  mempunyai  elastisitas  yang  berbeda-beda.  Ada  yang  kaku  dan ada  yang  kenyal. Elastisitasnya inilah  yang  antara  lain  mempengaruhi pendarahan pada hubungan seksual pertama terjadi atau tidak.
 Apa organ-organ lain di sekitar organ reproduksi yang juga perlu diperhatikan?  
Organ-organ  yang  tidak  terkait  langsung  dengan  sistem  reproduksi tetapi  letaknya  berdekatan  dengan  organ-organ  reproduksi,  antara lain:  
•_ Kandung kencing adalah tempat penampungan sementara air yang berasal dari ginjal (air seni).  
•_ Tulang kemaluan terletak di depan kandung kencing.  
•_ Rambut  kemaluan  berfungsi  untuk  menyaring  kotoran  agar  tidak langsung menempel pada kulit kemaluan.  
•_ Rectum adalah bagian akhir dari  usus besar  terletak  di atas  anus. Rectum adalah tempat yang dilalui oleh kotoran.  
•_ Anus adalah tempat mengeluarkan kotoran / faeses.  
Apakah payudara termasuk organ reproduksi ?  
Organ ini memang  tidak terkait dengan proses menstruasi, kehamilan dan  persalinan.  Tetapi  untuk  proses  reproduksi  setelah  melahirkan sangat  penting  yaitu  proses  menyusui.  Bahkan  sejak  seorang perempuan hamil, sudah dimulai  proses perawatan payudara sebagai persiapan  menyusui. Payudara  mulai membesar  ketika pubertas,  dan sering menimbulkan masalah pada remaja. Biasanya mengenai ukuran payudara,  banyak  yang risau karena  ukuran payudaranya terlalu kecil atau terlalu besar. Padahal hal ini ditentukan oleh kondisi gizi perempuan tersebut,  karena  payudara  terdiri  dari  jaringan  lemak.  Payudara kanan maupun kiri bisa tidak sama besar. Yang penting diketahui oleh remaja adalah bagaimana merawat  payudara, seperti  kebersihan dan
penggunaan pakaian  (beha/kutang/bra  maupun  pakaian luar).  Untuk persiapan menyusui penting  merawat putting payudara terutama bila putingnya tertarik ke dalam.  Ada cara  khusus dengan  massage  untuk hal ini. 
B. REMAJA LAKI-LAKI  





Apa saja organ reproduksi laki-laki serta fungsinya?  
a.  Buah  pelir  (testis) ,  ada  2  buah  berada  di  dalam  kantung  pelir (scrotum),  berfungsi  menghasilkan  sperma,  sperma  berbentuk seperti  kecebong  yang  memiliki  kepala, badan  dan  ekor, bentuk/ morfologi  sperma  sangat  mempengaruhi  proses  reproduksi/ kesuburan seseorang.  
b.  Saluran sperma (vas deferens), sebagai tempat berjalannya sperma dari testis ke prostat.  c.  Prostat  dan  beberapa  kelenjar  lainnya  berfungsi  menghasilkan cairan mani.  
d.  Uretra (saluran kemih), sebagai tempat lewatnya cairan mani yang mengandung sperma. e.  Batang  kemaluan  (penis),  fungsinya  sebagai  alat  kemih (mengeluarkan  air  kemih)  dan  alat  reproduksi  (sanggama, ejakulasi), ukuran penis tidak/bukan merupakan faktor kesuburan, tetapi  ditentukan  oleh fungsinya yang  ditandai  dengan ereksi dan ejakulasi
 .
Secara rinci bagaimana gambaran organ reproduksi laki-laki?
1.  PENIS berfungsi sebagai alat sanggama dan sebagai saluran  untuk  
pembuangan  sperma  dan  air  seni.  Pada  keadaan  biasa,  penis tergantung  di  muka  scrotum,  sedangkan  pada  waktu  terangsang seksual banyak  darah yang  dipompakan  ke  dalam  jaringan  erektil tersebut  sedangkan  pengeluaran  darahnya  tertahan.  Dengan demikian  penis  terpompa  penuh  dengan  darah  dan  berubah menjadi tegang, keras dan besar. Keadaan seperti ini disebut ereksi. Ereksi  dapat terjadi karena rangsangan  seksual dan pada dini hari karena meningkatnya hormon testosteron dan penuhnya kandung kencing.  
2.  GLANS  adalah  bagian  depan  atau  kepala  penis.  Glans  banyak mengandung  pembuluh  darah  dan  syaraf.  Kulit  yang  menutupi bagian  glans  disebut  Foreskin  (Preputium).  Di  beberapa  negara memiliki kebiasaan membersihkan daerah sekitar preputium ini atau yang dikenal dengan sunat. Sunat dianjurkan karena memudahkan pembersihan  penis  sehingga  mengurangi  kemungkinan  terkena infeksi, radang dan beberapa macam kanker.  
3.  URETRA  (saluran  kencing)  yaitu  saluran  untuk  mengeluarkan  air seni dan air mani.   Mulut uretra adalah awal dari saluran kencing / uretra.  
4.  VAS  DEFERENS (saluran  sperma) yaitu saluran yang  menyalurkan sperma dari  testis  menuju  ke  prostat.  Vas deferens  panjangnya ± 4,5 cm dengan diameter ± 2,5 mm.  
5.  EPIDIDYMIS  yaitu saluran-saluran  yang  lebih  besar dan  berkelok- kelok  yang  membentuk  bangunan  seperti  topi.  Sperma  yang dihasilkan oleh testis kecil akan berkumpul di Epididymis.  
6.  TESTIS  (pelir)  berjumlah  dua  buah  untuk  mereproduksi  sperma setiap  hari  dengan  bantuan  testosteron.  Testis  berada  di  dalam scrotum,  di  luar  rongga  panggul  karena  pertumbuhan  sperma membutuhkan suhu yang lebih rendah dari pada suhu tubuh. Sperma yaitu sel yang berbentuk seperti berudu berekor hasil dari testis yang dikeluarkan saat ejakulasi bersama cairan mani dan bila bertemu dengan sel telur yang matang akan terjadi pembuahan.
 7.  SCROTUM  adalah  kantung  kulit yang  melindungi  testis, berwarna gelap  dan  berlipat-lipat.  Scrotum  adalah  tempat  bergantungnya testis. Scrotum mengandung  otot polos yang mengatur jarak jauh testis ke  dinding perut  dengan maksud mengatur suhu testis agar relatif tetap.  
8.  KELENJAR PROSTAT yaitu kelenjar yang menghasilkan cairan mani yang ikut mempengaruhi kesuburan sperma.  
9.  VESIKULA  SEMINALIS,  fungsinya  hampir  sama  dengan  kelenjar prostat.  Kelenjar  prostat  dan  kelenjar  seminalis  ini  termasuk  alat reproduksi laki-laki bagian dalam.  
10. KANDUNG  KENCING  adalah  tempat  penampungan  sementara air yang berasal dari ginjal.
Apa organ-organ lain di sekitar organ reproduksi yang

juga perlu diperhatikan? 
Organ-organ  yang  tidak  terkait  langsung  dengan  sistem  reproduksi tetapi  letaknya  berdekatan  dengan  organ-organ  reproduksi.
 Apakah ada bentuk-bentuk gangguan pada organ reproduksi? 
Ada,  organ  reproduksi  ini  juga  adakalanya  mengalami  gangguan biologi-anatomis. Kelainan ini harusnya diketahui sedini mungkin agar memungkinkan  tindakan  operasi  atau  korektif  untuk  meminimalisasi efek negatifnya. 
Apa jenis gangguan biologis - anatomis yang sering dijumpai? 
Cryptorchidism  :  buah  pelirnya  hanya  satu  atau  tidak  ada  di  dalam kantung pelirnya. 
Hypospadia : lubang keluar sperma dan kencing pada laki-laki di sebelah bawah, biasanya ketika buang air kecil alirannya “tidak deras.”Pseudohermaphrodite  :  bentuk  alat  kelamin  ganda  laki-laki  dan perempuan,  tetapi  tidak  sempurna.  Vagina  tidak  sempurna  (tidak memiliki lubang vagina misalnya) atau tidak memiliki vagina. 
Micro penis: penis kecil / tidak berkembang.
SIKLUS REPRODUKSI PEREMPUAN: MENSTRUASI  
Bagaimana proses terjadinya menstruasi ?  
Pada saat seorang bayi perempuan dilahirkan ovariumnya mengandung ratusan ribu sel telur tetapi belum berfungsi. Ketika seorang perempuan memasuki usia pubertas baru ovariumnya mulai berfungsi dan terjadi proses  yang  disebut  siklus  menstruasi  (jarak  antara  hari  pertama menstruasi bulan ini dengan hari pertama menstruasi bulan berikutnya). Menstruasi yang pertama disebut menarche. Dalam satu siklus terjadi perubahan pada  dinding  rahim  sebagai  akibat dari  produksi hormon- hormon  oleh  ovarium,  yaitu  dinding  rahim  makin  menebal  sebagai persiapan jika terjadi kehamilan. Ketika  ada  sel  telur  yang  matang  akan  mempunyai  potensi  untuk dibuahi  oleh  sperma  hanya  dalam  24 jam.  Bila  ternyata  tidak  terjadi pembuahan maka sel telur  akan mati  dan  terjadilah  perubahan pada komposisi  kadar  hormon  yang akhirnya  membuat  dinding  rahim  tadi akan luruh disertai perdarahan. Inilah yang disebut menstruasi.  
Perubahan apa saja yang dilalui sehingga terjadi menstruasi?  
Menstruasi  adalah  puncak  dari  serangkaian  perubahan  yang  terjadi karena adanya serangkaian interaksi antara beberapa kelenjar di dalam tubuh.  
Karena  proses  menstruasi  rutin  terjadi  pada  setiap  perempuan, maka sebaiknya diperhatikan hal-hal berikut ini :  
a.   Menjaga kebersihan dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun mandi biasa, pada saat mandi organ reproduksi luar perlu cermat dibersihkan.  
b.   Mengganti pembalut minimal empat kali sehari terutama sehabis buang air kecil.  
c.   Bila  perut  terutama  daerah  sekitar  rahim  terasa  nyeri,  dan masih  dapat  diatasi  (ringan),  tidak  usah  dibiasakan  minum obat penghilang rasa sakit, kecuali sangat mengganggu seperti misalnya hingga menyebabkan pingsan. 
d.  Makan-makanan  bergizi,  terutama  yang  banyak  mengandung zat besi dan vitamin, seperti hati ayam/sapi, daging, telur, sayur dan buah.  
e.  Aktivitas harian tidak perlu diubah kecuali bila ada aktivitas fisik yang berlebihan  misalnya  olahraga  berat,  terutama  pada siswi sekolah perlu dipertimbangkan.  
Apakah menstruasi yang tidak teratur berarti tidak normal?  
Siklus  menstruasi  pada  setiap  orang  tidak  sama.  Siklus  menstruasi yang  normal  sekitar  24  -  31  hari  tetapi  ada  juga  yang  kurang  atau lebih  dari  sikius  menstruasi  yang  normal.  Siklus  ini  tidak  selalu  sama setiap bulannya. Perbedaan siklus ini ditentukan oleh beberapa faktor, misalnya  gizi,  stres  dan  usia.  Pada  masa  remaja  biasanya  memang mempunyai siklus yang belum teratur, bisa maju atau mundur beberapa hari.  Pada  masa  remaja,  hormon-hormon  seksualnya  belum  stabil.  
Semakin  dewasa  biasanya  siklus  menstruasi  menjadi  lebih  teratur, walaupun tetap  saja bisa maju atau  mundur karena  faktor stres atau kelelahan.
 
4.   PROSES REPRODUKSI LAKI LAKI
Apakah ereksi itu?  
Ereksi merupakan pengerasan dan pembesaran pada penis yang terjadi ketika pembuluh darah di penis dipenuhi dengan darah. Keadaan penis berereksi  ini  pada  hakikatnya  diperlukan  laki-laki  untuk  melakukan hubungan seksual. Pada saat penis berereksi, otot-otot di dasar kandung kemih akan menjadi lebih rapat, sehingga tidak akan mengeluarkan air seni/kencing pada saat ia melakukan hubungan seksual. Ereksi dapat hilang dengan sendirinya atau dengan terjadinya ejakulasi, yaitu  keluarnya  air  mani  dari  uretra,  baik  karena  hubungan  seksual dengan  pasangan,  masturbasi,  maupun  mimpi  basah  (ejakulasi  di malam hari saat ia sedang tidur).  
Bagaimana ereksi bisa terjadi
 Ereksi  bisa  terjadi karena  rangsangan  seksual.  Misalnya,  ketika orang lain  atau diri  sendiri  menyentuh  penis atau  buah  pelir.  Kita  juga bisa terangsang  ketika  kita  menonton  adegan  erotis  di  televisi,  melihat gambar-gambar  seksi,  atau  berfantasi  seksual,  yaitu  membayangkan adegan-adegan erotis. Ereksi  bisa juga terjadi ketika ada gerakan atau getaran, seperti halnya bila kita naik bajaj atau kereta api.

 Bisakah terjadi, ereksi tanpa sebab yang jelas?  
Bisa, dan ini juga sering terjadi. Keadaan ini disebut ereksi spontan dan ini  sering  terjadi pada remaja.  Jadi,  kalau kita mengalami  ereksi  pada saat yang tidak tepat, seperti misalnya ketika sedang upacara bendera, kita tidak  perlu  merasa  malu dan salah tingkah  karena ini merupakan hal yang normal bagi remaja.  
Apa yang harus kita lakukan bila kita mendapatkan ereksi “tidak tepat waktu”?  
Jika  kita  mengalami ereksi spontan,  hal  terbaik yang  bisa kita lakukan adalah  berkonsentrasi  pada  hal-hal  yang  lain  untuk  mengalihkan perhatian  kita  dari  ereksi  tadi  sehingga  dapat  menghilangkannya. Misalnya,  kita  bisa  memikirkan  butir-butir  sila  keempat  Pancasila, membagi  89.756  dengan  237  atau  apa  pun  yang  mengalihkan konsentrasi  kita  dari  ereksi  tadi.  Kalau  kamu  merasa  malu  dan  takut ketahuan  saat  ereksi,  kamu  bisa  mengenakan  celana  yang  longgar seperti celana training.  
Mengapa kita kadang-kadang juga mengalami ereksi ketika bangun tidur di pagi hari?  
Memang  sering  kali  kita  mendapati  diri  kita  sedang  ereksi  ketika bangun  tidur  di  pagi  hari.  Hal  ini  sangat  normal  dan  menandakan organ kelamin  kita sehat dan bekerja  dengan baik. Ereksi di  pagi  hari sering  juga  dipakai  untuk  menandai  apakah  seseorang  yang  sedang mengalami  impotensi  (ketidakmampuan  ereksi)  disebabkan  karena faktor  fisik,  ataukah  psikologis.  Pada  saat  tidur  di  malam  hari  sering kali kondisi kandung kemih dalam keadaan penuh sehingga meregang. Hal ini akan merangsang syaraf di sekitar penis dan terjadilah ereksi.  
Apakah benar ereksi bisa terjadi karena suhu dingin?  
Sebenarnya  tidak ada hubungannya antara suhu  udara dingin dengan timbulnya ereksi. Kalaupun hal ini terjadi, mungkin dikarenakan sebab lain, misalnya karena dingin, pikiran jadi ngeres gara-gara ingin mencari kehangatan. Bayangkan  saja kalau udara dingin bisa bikin ereksi, bisa- bisa  penduduk  di  daerah  Bromo  mengalami  ereksi  terus  menerus sepanjang hari.  
Mengapa ada orang yang mengalami ketidakmampuan ereksi ? 
Ketidakmampuan  ereksi  lebih  dikenal  dengan  sebutan  impotensi, yaitu keadaan ketika laki-laki mengalami kesulitan untuk memulai dan mempertahankan  ereksinya.  Impotensi  mempengaruhi  kemampuan untuk  berhubungan  seksual,  yang  sering  kali  dijadikan  ukuran kejantanan seorang  pria.  Oleh  karena  itu,  impotensi  sering dianggap momok  yang  menakutkan  dan  memalukan.  Padahal,  sering  kali impotensi  hanya  bersifat  sementara  dan  tidak  permanen.  Impotensi bisa disebabkan oleh faktor psikologis maupun fisik.
Berbagai faktor yang dapat menyebabkan impotensi: 
1.  faktor psikologis 
Faktor psikologis yang mempengaruhi ketidakmampuan ereksi,seperti rasa takut (misalnya takut ketahuan berhubungan seksual padahal  belum  menikah,  takut  pasangan  jadi   
hamil,  takut ketularan penyakit,  dan  lain-lain), kurang  percaya diri,  adanya pengalaman masa kecil yang  kurang baik,  atau perasaan tidak cinta dan benci pada pasangan.  
2.     faktor            fisik 
Faktor fisik  bisa  berupa:  terlalu  banyak mengkonsumsi alkohol, karena  alkohol  dikenal  meningkatkan  nafsu  tapi  menurunkan kemampuan  untuk  berhubungan  badan,  penyakit  diabetes (kencing manis) bila tingkat penyakit berat dan tidak terkontrol dengan  baik,  gangguan  pada  kelenjar  prostat,  obat-obatan tertentu,  penebalan  dan  sumbatan  pada  pembuluh  nadi  yang mengaliri  penis  misal  pada  penderita  tekanan  darah  tinggi, kerusakan  pada  saraf  pelvis  (pinggul)  atau  sumsum  tulang belakang.  Setiap  penyakit,  bahkan  yang  ringan  seperti  batuk pilek sekalipun, juga bisa mempengaruhi kemampuan seksual.
Berapa panjang penis yang normal ketika ereksi? 
Memang  banyak  sekali  remaja  laki-laki  yang  menanyakan  berapa ukuran  penis  yang  normal  saat  ereksi.  Tidak  ada  standar  penis  yang normal harus berukuran sekian ketika ereksi, karena hal ini juga sangat tergantung  dari  faktor keturunan dan ras  seseorang.  Dari pada sibuk bertanya apakah ukuran penis  kita  termasuk  normal  atau terlalu kecil (jarang sekali  laki-laki yang mempertanyakan apakah  penisnya terlalu besar),  lebih  baik  kita  berpikir  berapa  kedalaman  vagina.  Karena kedalaman  vagina  hanya  sekitar  9  cm,  tidak  diperlukan  penis  yang lebih panjang  dari kedalaman vagina itu  untuk  menunaikan  tugasnya dengan baik.  
Ketika ereksi biasanya muncul cairan bening. Apaka itu?  
Cairan  bening  ini  adalah  cairan  pre-ejakulasi,  yang  melumasi  uretra dan  membantu  sperma  mengalir.  Bila  ada  sperma  di  uretra  dari ejakulasi  yang  terdahulu,  maka  cairan  ini  dapat  mendorong,  sperma keluar  dari  penis  sebelum  ejakulasi  berikutnya  terjadi.  Akibatnya, cairan  pre-ejakulasi  ini  bisa  saja  membawa  infeksi  menular  seksual atau menyebabkan kehamilan.
   
Apakah ereksi yang tidak dilanjutkan dengan ejakulasi akan menimbulkan rasa sakit? 
Tidak.  Ereksi  bahkan  bisa  hilang  dengan  sendirinya  kalau  tidak “ditanggapi”. Namun  di sini  memang  sering timbul  masalah.  Laki-laki sering kali merasa bahwa  ketika  dia ereksi berarti dia  siap melakukan hubungan seksual, sehingga ia butuh  segera menyalurkannya  dengan mencari  partner  seksual. Kadang-kadang hal ini membuatnya merayu atau  bahkan  memaksa  pacarnya  untuk  memenuhi  hasratnya  dengan berhubungan seksual. Padahal, seperti dijelaskan di atas, ereksi bisa saja muncul tanpa sebab yang  jelas, yang  berarti juga tanpa  ada dorongan seksual.  Sedangkan hubungan seksual sendiri juga mengandung tanggung jawab yang luar biasa  besar. Tubuh  kita,  termasuk  ereksi  yang  kita  alami, merupakan tanggung jawab kita sendiri,  dan sangat tidak  adil  kalau  kita  meminta pacar  kita  (yang  merupakan  orang  yang  kita  sayangi  dan  seharusnya kita lindungi) untuk ikut memikul tanggung jawab tersebut.  
Bagaimana terjadinya proses mimpi basah? 
Ketika  seorang  laki-laki  memasuki  masa pubertas  maka  mulai  terjadi proses  pematangan  sperma  yang  terjadi  di  testis.  Produksi  sperma sangat dipengaruhi oleh faktor nutrisi, istirahat, rokok, narkoba, alkohol dan  lain-lain. Sperma yang  telah  diproduksi ini  akan  dikeluarkan  dari testis  melalui  saluran/vas  deferens  kemudian  berada  dalam  cairan mani  yang  diproduksi  oleh  kelenjar  prostat  dan  kelenjar  lainnya.  Air mani  yang  telah  mengandung  sperma  akan  keluar  dari  dalam  tubuh laki-laki  melalui  saluran  kemih  di  batang  penis,  pengeluaran  sperma itu disebut ejakulasi dan ejakulasi yang alami tanpa rangsangan terjadi saat mimpi basah
.  
Pada laki-laki berapa kalikah dalam sebulan mereka mengalami mimpi basah?  
Mimpi  basah  umumnya  terjadi  secara  periodik,  berkisar  setiap  2-3 minggu.  Sel  sperma  diproduksi  oleh  tubuh  manusia  dari  makanan- makanan yang masuk setiap hari ke dalam tubuh kita. Sperma ini akan disimpan dalam kantung mani, jika penuh akan secara otomatis keluar dan jika tidak terjadi pengeluaran sperma ini akan diserap kembali oleh tubuh. Mereka yang sudah dewasa/menikah jarang mengalami mimpi basah  karena  mereka  teratur  mengeluarkannya  melalui  hubungan seksual dengan pasangan/istri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar